Sabtu, 02 Mei 2015

Sifat-Sifat Energi Panas



Sifat-sifat energi panas anatra lain sebagai berikut :
1. Tidak dapat dilihat
2. Tidak dapat didengar
3. Tidak mempunyai bau
4. Dapat berpindah ke tempat lain
Selain memiliki sifat-sifat energi secara umum energi panas juga memiliki sifat khusus. Ketika kita berada di dekat kompor, kita merasa hangat. Ketika kita menjauh dari kompor panasnya akan berkurang. Hal ini menunjukkan bahwa panas mempunyai sifat dapat berpindah ke tempat lain. Semakin dekat dengan sumber panas, panas yang berpindah ke tubuh kita semakin banyak. Semakin menjauhi sumber panas, semakin sedikit pula panas yang berpindah ke tubuh kita.
Perpindahan panas dari satu benda ke benda lain terjadi apabila terdapat perbedaan suhu di antara kedua benda tersebut. Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah. Perpindahan ini berlangsung terus-menerus hingga kedua benda memiliki suhu yang sama. Misalnya apabila kamu membuat teh panas dan menuangkannya ke dalam cangkir. Apabila air teh tersebut dibiarkan, lama-kelamaan air teh yang semula panas menjadi dingin, sesuai dengan suhu lingkungan. Hal ini karena panas telah dipindahkan dari cangkir ke lingkungannya.
Proses perpindahan panas dibedakan menjadi tiga yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.
  • Konduksi yaitu perpindahan panas melalui benda padat. Perpindahan panas tersebut tidak diikuti oleh perpindahan bagian-bagian benda. Biasanya  perpindahan panas yang terjadi pada logam;
  • Konveksi merupakan perpindahan panas pada benda yang mengalir. Perpindahan panas tersebut selalu diikuti perpindahan bagian-bagian benda.
  • Sementara itu, radiasi merupakan proses perpindahan panas yang berasal dari sumbernya dengan cara dipancarkan.
Pada konduksi dan konveksi panas dapat berpindah jika ada penghantar panas. Penghantar panas dapat dibedakan menjadi dua, yaitu konduktor dan isolator. Konduktor merupakan benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Sementara itu, isolator merupakan benda yang tidak dapat atau sulit menghantarkan panas.
Sifat energi panas yang lain yaitu dapat membuat zat atau benda memuai. Memuai artinya bertambah besar secara sementara. Setelah dingin, ukuran zat atau benda tersebut kembali seperti semula.
manfaat sinar matahari bagi hewan, asal energi panas dan cahaya yang di pancarkan matahari, mengapa energi dapat terbentuk saat 2 benda bergesekan, pengertian energi panas dan contohnya, contoh energi kimia dalam kehidupan sehari-hari, kegunaan cahaya matahari bagi hewan, Asal energi panas dan cahaya yg di pancarkan matahari, pengaruh energi panas dalam kehidupan sehari-hari, pembagian energi, asal energi panas dan cahaya yang dipancarkan oleh matahari, contoh energi panas dalam kehidupan sehari-hari, mengapa energi dapat terbentuk saat 2 benda bergesekan ?, contoh gesekan benda yang tidak menimbulkan panas, kliping tentang macam macam minuman panas dan dingin, contoh energi panas, jelaskan asal energi panas dan cahaya yg di pancarkan oleh mataharihari, kegunaan cahaya dan panas matahari untuk hewan, fungsi cahaya matahari bagi hewan, makalah perpindahan panas, pengertian energi kimia, benda yang bergerak akan menghasilkan, benda yang dapat menghasilkan energi disebut, contoh penggunaan energi panas dalam kehidupan sehari-hari, bentuk energi yang disebabkan oleh benda bergetar disebut energi apa, mengapa energi dapat terbentuk saat 2 benda bergesekan?

3 komentar:

  1. Sangat membantu dan bermanfaat terimakasih atas ilmunya dan terus memberikan ilmu bagi orang lain juga😁 TERIMAKASIH ✊🏻

    BalasHapus