Sabtu, 02 Mei 2015

Penerapan atau Aplikasi Sinar X


Sinar-X ditemukan pada tahun 1895 oleh Wilhelm K Rontgen, disebut juga sinar rontgen. Sinar-X mempunyai frekuensi antara 1016 Hz sampai 1020 Hz. Panjang gelombangnya sangat pendek yaitu 10-9 cm - 10-6 cm.  Karena panjang gelombangnya sangat pendek sinar-X mempunyai daya tembus yang kuat. Sinar-X dapat menembus benda-benda lunak seperti daging dan kulit, tetapi tidak dapat menembus benda-benda keras seperti hidung, gigi, dan logam. Karena itu sinar ini sering dimanfaatkan di dalam bidang kedokteran, terutama untuk melihat kondisi dalam tubuh tanpa melakukan pembedahan.
radiografi
Gambar 3. Aplikasi sinar-x untuk radiografi. [2]
Foto sinar-X diambil menggunakan kamera sinar-X. Bagian-bagian tubuh yang keras akan menahan sinar-X sehingga bagian ini memancarkan sinar fluoresens pada film.
Selain di bidang kedokteran, sinar-X juga digunakan untuk mendeteksi suatu benda. Di bandara, hotel, dan pusat perbelanjaan untuk memeriksa barang-barang yang dibawa oleh pengujung atau penumpang. Sinar-X juga digunakan dalam teknik radiografi untuk menguji sebuah benda dan memeriksa kerusakan atau cacat pada mesin. Sinar-X juga sering dimanfaatkan untuk memeriksa struktur kristal.
Materi Fisika :
Pengertian dan Fungsi Serat Optik
Serat optik
Serat optik adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan benang kaca, yang disebut serat optik, untuk menerukan sinar. Pemantulan internal total menahan pantulan sinar di dalam serat optik sehingga bagaimanapun serat ditekuk dan diliuk, pulsa sinar di dalam kabel serat optik dapat menghantar sinyal data dan telepon untuk menempuh jarak yang sangat jauh. Para ahli bedah menggunakan serat optik untuk melihat paru-paru dan organ lain di dalam tubuh. Peralatan yang disebut endoskop memiliki sebundel serat optik yang dapat meneruskan cahaya ke ujung endoskop, bundel kedua menghantar balik sinyal berupa gambar. 
Lalu pada gambar yang memanfaatkan serat optik untuk menciptakan efek dekoratif, utas-utas serat optik diikat mejadi satu, sedangkan ujung-ujung yang lain diburai. Cahaya di tapis dengan filter berwarna sebelum dilewatkan melalui ikatan, sehingga cahaya dapat keluar sebagai pancaran titik-titik terang pada ujung-ujung serat yang terburai dan terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar